GALERI FOTO
Selengkapnya
GALERI VIDEO
Selengkapnya
VIDEO BAHAN AJAR
Selengkapnya
PENCARIAN
Desa Vokasi
Pengangguran dan kemiskinan hingga saat ini masih merupakan masalah besar bangsa Indonesia yang belum bisa terpecahkan. Menurut data BPS bulan Agustus 2011, jumlah pengangguran terbuka tercatat sebanyak 7,70 juta orang atau sebesar 6,56 % dari total angkatan kerja sekitar 117,37 juta orang.

Pada tahun 2010 jumlah pengangguran terbuka di wilayah perdesaan lebih besar dibandingkan perkotaan, hal tersebut berbanding terbalik dengan jumlah pengangguran terbuka pada tahun 2011. Secara statistik tampak terjadi pergeseran peningkatan, yaitu dari jumlah total 7,70 juta orang penganggur terbuka, sebagian besarnya berada di wilayah perkotaan. Jumlah penganggur di daerah perkotaan saat ini tercatat sebanyak 5,2 juta (64%), berarti lebih besar dibandingkan dengan jumlah penganggur terbuka di wilayah perdesaan yaitu berjumlah sekitar 2,9 juta (36%).

Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran terbuka lebih besar di wilayah perkotaan adalah terjadinya kompetisi dalam memasuki lapangan kerja. Sementara itu data BPS juga menunjukkan bahwa jumlah angkatan kerja di wilayah perdesaan lebih besar daripada perkotaan yaitu sebanyak 61,5 juta orang atau setara 51% dari total angkatan kerja Nasional.

Peningkatan jumlah pengangguran tersebut terjadi karena masih lemahnya kemampuan dalam pemberdayaan potensi lokal oleh penduduk di wilayah perdesaan yang menyebabkan angka urbanisasi meningkat, hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan angka pengangguran terbuka di wilayah perkotaan.

Jika dilihat dari latar belakang pendidikan penduduk yang menganggur tersebut, 24% berpendidikan belum atau tidak tamat SD, 22% berpendidikan SLTP, 28% berpendidikan SMA, 13% berpendidikan SMK, 5% berpendidikan Diploma, dan 8% berpendidikan Sarjana.

Indonesia memiliki hampir sekitar 63.900 desa yang tersebar diseluruh nusantara dengan keanekaragaman kekayaan sumber daya alam yang melimpah baik di sektor pertambangan, pariwisata, pertanian, kehutanan, perkebunan dan lain sebagainya. Sementara itu, jumlah penduduk miskin yang hidup di bawah Garis Kemiskinan di Indonesia hingga bulan September 2011 tercatat mencapai 29.89 juta atau 12.36 % dari jumlah penduduk.

Program Pengembangan Desa Vokasi merupakan langkah strategis Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen PAUDNI sebagai wujud implementasi program Pendidikan Kecakapan Hidup/kewirausahaan dalam spektrum perdesaan dengan pendekatan kawasan, yaitu kawasan perdesaan.

Program Desa Vokasi dimaksudkan untuk mengembangkan sumberdaya manusia dan lingkungan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya dengan memanfaatkan potensi lokal. Melalui program Desa Vokasi ini diharapkan dapat membentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi, dan terbentuknya kelompok-kelompok usaha yang memanfaatkan potensi sumberdaya dan kearifan lokal. Dengan demikian, warga masyarakat dapat belajar dan berlatih menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja atau menciptakan lapangan kerja sesuai dengan sumberdaya yang ada di wilayahnya, sehingga taraf hidup masyarakat semakin meningkat.

Agar Progam Pendidikan kewirausahaan masyarakat terlaksana sesuai harapan, sangat diperlukan adanya Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Program kewirausahaan masyarakat yang dapat dijadikan acuan oleh semua pihak yang terkait.
AGENDA
04-08-2016 s/d 06-08-2016
Kegiatan Review Kurikulum Lama Tahap II
di Banana Inn Hotel, Jalan Setiabudhi No. 191 Bandung
01-08-2016 s/d 04-08-2016
Kegiatan Orientasi Teknis Penyelenggaraan PKW Tahun 2016
di Hotel Pandanaran Semarang, Jl. Pandanaran No. 58 Jawa Tengah
28-07-2016 s/d 30-07-2017
Kegiatan Penyusunan Instrumen Uji Publik Draft Standar Sarana dan Prasarana Kursus dan Pelatihan
di Whiz Prime Hotel Pajajaran Bogor, Jl. Cikuray No. 47 Pajajaran Bogor
27-07-2016 s/d 29-07-2016
Orientasi Teknis Penyelenggaraan Program Magang bagi Peserta Didik Kursus dan Pelatihan Tahap I Tahun 2016
di Hotel Neo + Awana, Jl. Mayjen Sutoyo No. 52 Yogyakarta
29-06-2016 s/d 29-07-2016
Kegiatan Evaluasi Penerapan Kurikulum kursus dan pelatihan
di Ruang pertemuan Dinas Pendidikan Provinsi NTB
29-06-2016 s/d 29-06-2016
Kegiatan evaluasi penerapan kurikulum kursus dan pelatihan
di Ruang pertemuan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
28-06-2016 s/d 28-06-2016
Kegiatan evaluasi penerapan kurikulum kursus dan pelatihan
di Ruang pertemuan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
 
FITUR UTAMA
Nomor Induk Lembaga Kursus
NIPUK
Uji Publik
Test Bakat Kewirausahaan
Penelusuran Lulusan
Kisah Sukses Peserta Didik
Cyber Market
Daftar Penerima Blockgrant
Sistem Penilaian Pelayanan Prima
Sistem Informasi Eksekutif
  
LOWONGAN & PENCARI KERJA
Entry Lowongan Kerja
Pendaftaran Pencari Kerja
Login/Logout Pencari Kerja
Link Informasi Kerja
Informasi Lowongan Kerja
Informasi Pencari Kerja
  
Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan
Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
Gedung E Lantai 6 Kompleks Kemdikbud
Jl Jendral Sudirman Senayan - Jakarta
Telp/Faks. 021-5725041
Email: ditbinsus@yahoo.co.id
 
2017 © Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan | Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat | Kementerian Pendidikan & Kebudayaan